Selasa, 16 April 2013

HEMANGIOMA PADA BBL


Hemangioma
Pengertian
            Hemangioma adalah suatu tumor jaringan lunak atau tumor vascular jinak akibat proliferasi (pertumbuhan yang berlebih) dari pembuluh darah yang tidak normal dan dapat terjadi pada setiap jaringan pembuluh darah. Hemangioma sering terjadi pada bayi baru lahir dan pada anak berusia kurang dari 1 tahun. Muncul disetiap tempat pada permukaan tubuh seperti kepala, leher, muka, kaki atau dada.


Etiologi (penyebab)
Hemangioma terjadi karena adanya proliferasi (pertumbuhan yang berlebih) dari pembuluh darah yang tidak normal, dan bisa terjadi disetiap jaringan pembuluh darah. Hemangioma termasuk tumor jinak yang banyak terdapat pada bayi dan anak. Hingga saat ini apa yang menjadi penyebabnya masih belum jelas, namun diperkirakan berhubungan dengan mekanisme dari control pertumbuhan pembuluh darah.
Gambaran klinik (gejala)
Gambaran klinik dari hemangioma adalah heterogen, gambaran yang ditunjukkan tergantung kedalaman, lokasi, dan derajat dari evolusi. Pada bayi baru lahir, hemangioma dimulai dengan makula pucat dengan teleangiektasis. Gambaran klinis umum ialah adanya bercak merah yang timbul sejak lahir atau atau beberapa bulan; warnanya merah terang bila jenis strawberry atau biru bila jenis kavernosa.
Penatalaksanaan
Berikan konseling cara konservatif dan cara aktif kepada orang tua bahwa tanda lahir itu normal dan sering terjadi pada bayi baru lahir sehingga orang tua tidak perlu khawatir dalam menghadapi kejadian ini.
Penanganan
1.Cara Konservatif
Pada perjalanan alamiahnya lesi hemangioma akan mengalami pembesaran dalam bulan-bulan pertama, kemudian mencapai besar maksimum dan sesudah itu terjadi regresi spontan sekitar umur 12 bulan, lesi terus mengadakan regresi sampai umur 5 tahun. Hemangioma superfisial atau hemangioma strawberry sering tidak diterapi. Apabila hemangioma ini dibiarkan hilang sendiri, hasilnya kulit terlihat normal.
2.Cara Aktif
Hemangioma yang memerlukan terapi secara aktif, antara lain adalah hemangioma yang tumbuh pada organ vital, seperti pada mata, telinga, dan tenggorokan; hemangioma yang mengalami perdarahan; hemangioma yang mengalami ulserasi; hemangioma yang mengalami infeksi; hemangioma yang mengalami pertumbuhan cepat dan terjadi deformitas jaringan.
a.       Pembedahan
Indikasi :
§  Terdapat tanda-tanda pertumbuhan hemangioma yang terlalu cepat
§  Minggu lesi menjadi 3-4 kali lebih besar.
§  Hemangioma raksasa dengan trombositopenia.
§  Tidak ada regresi spontan-spontan, misalnya tidak terjadi pengecilan hemangioma sesudah 6-7 tahun.
§  Lesi yang terletak pada wajah, leher, tangan atau vulva yang tumbuh cepat, mungkin memerlukan eksisi lokal untuk mengendalikannya.
b.      Radiasi
Pengobatan radiasi sudah tidak dilakukan lagi karena :
· Penyinaran berakibat kurang baik pada anak-anak yang pertumbuhan tulangnya masih sangat aktif.
· Komplikasi berupa keganasan yang terjadi pada jangka waktu lama.
· Menimbulkan fibrosis pada kulit yang masih sehat yang akan menyulitkan bila diperlukan suatu tindakan.
· Kebanyakan hemangioma kapiler akan beregresi.
c.       Kortikosteroid
Kriteria pengobatan dengan kortikosteroid ialah :
· Apabila melibatkan salah satu struktur yang vital.
· Tumbuh dengan cepat dan mengadakan destruksi kosmetik.
· Secara mekanik mengadakan obstruksi salah satu orifisium.
· Adanya banyak perdarahan dengan atau tanpa trombositopenia.
· Menyebabkan dekompensasio kardiovaskular.

Tidak ada komentar: